Jumat, 16 Oktober 2020

BISNIS MODEL CANVA

 BMC ?

Bisnis model canva atau yang lebih dikenal BMC adalah sebuah alat representasi visual yang dapat menunjukkan secara jelas suatu proses bisnis.

Umumnya BMC ini dipakai untuk menjelaskan, memvisualisasikan, mengubah dan menilai suatu bisnis agar dapat menghasilkan kinerja secara maksimal. BMC dapat digunakan untuk semua ide bisnis yang mana tidak terbatas oleh sektor usahanya. 

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas BMC dapat menjelaskan, memvisualisasikan, mengubah, dan menilai bisnis dengan cara menggunakan 9 element utama dan kegunaan element-element tersebut adalah untuk merangkum proses bisnis mulai dari value perusahaan sampai struktur finansial, element-element tersebut ialah :

1. Key partners

Key partners adalah berkerjasama dengan perusahaan lain dengan tujuan seperti meningkatkan performa perusahaan dan lain-lain.

2. Key activites

Key activites adalah cara apa yang kita lakukan supaya dapat menciptakan value perusahaan agar produk atau perusahaan dapat semakin dikenal.

3. Key resource

Key resource merupakan element dalam BMC yang berisikan sumber daya yang harus kita siapkan sebelum memulai bisnis.

4. Customer segment

Customer segment adalah menentukan pelanggan yang menjadi target bisnis kita.

5. Value proposition

Value proposition adalah element BMC yang menunjukkan apa saja keunggulan dari produk yang kita tawarkan.

6. Channel

Channel merupakan sebuah media yang digunakan untuk memasarkan produk kita, channel ini bisa berupa website, brosur, atau media sosial

7. Customer relationship

Customer relationship adalah cara yang dapat digunakan supaya bisa membangun kepercayaan kepada pelanggan terhadap produk kita.

8. Cost structure

Cost structure adalah untuk menunjukkan biaya apa saja yang digunakan untuk menunjang keseluruh aktivitas bisnis.

9. Revenue streams

Revenue streams adalah element BMC yang terkait dengan produk atau jasa apa saja yang memberikan pemasukan kepada perusahaan anda.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar