Jumat, 15 Januari 2021

          DIGITAL MARKETING


1.  Digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk yang menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet dan suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.

 

2.  1. Search Engine Optimization (SEO), SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti websiteblogs dan indografis.

     2. Content Marketing, Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli. Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

     3. Otomatisasi Pemasaran,Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan media sosial.

      4. Pay-Per-Klik (PPC), PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya. Selain itu, ada juga Facebook Ads dan Pesan Sponsor LinkedIn.

      5. Native Advertising, Bentuk konten berbayar yang ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.

      6. Affiliate Marketing, Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya hosting video ads dengan youtube

     7. Sosial Media Marketing, Anda mempromosikan brand dan konten di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, dan Messanger

 

3.  1. Kecepatan Penyebaran, Strategi  pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan cepat.

      2. Jangkauan Lebih Luas, Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

      3. Membangun Nama Brand, Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

      4. Murah dan Efektif, Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report. Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

4. 1. Menjangkau konsumen lebih luas, Media digital atau internet tidak mengenal batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas suatu negara yang artinya suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat dikonsumsi oleh khalayak dari seluruh dunia.

    2. Menyampaikan informasi lebih cepat, Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan melalui media digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah, pembaruan atau penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya informasi terkait produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi ingin diubah, anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. 

     3. Biaya Lebih Murah, pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target tertentu.

 

5. Kesimpulannya adalah di era sekarang digital marketing sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan karena dapat menjangkau konsumen lebih luas dan relatif murah dan dengan menerapkan Digital Marketing yang benar pada website dan lainnya juga dapat meningkatkan pengunjung sehingga secara otomatis membangun nama brand lebih dikenal banyak masyarakat.





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar